Daun Maple


Pernah dengar yg namanya "Daun Maple" ?

Sebagian orang pasti tidak asing dengan daun tersebut, saya yakin anda pasti pernah melihatnya di TV atau Internet (sepeti saya ^^). Daun ini sering wara wiri di drama-drama Asia seperti Jepang dan Korea, negara yg memiliki 4 musim. Tapi di Negara Kanada kita juga bisa menemukan daun ini saat musim Autumn (musim gugur).

Aku jatuh cinta pada Daun Maple saat menonton drama korea Goblin, warna daunnya begitu cantik. karena kudu udah jatuh cinta maka aku pun searching di internet tentang daun maple ini. Aku pun mengerti bahwa ternyata Pohon Maple hanya mampu tumbuh di daerah yang memiliki empat musim, dan bukannya seperti di Indonesia yang hanya memiliki dua musim saja.


Betewe, soal Pohon Maple nih, daonnya mampu berubah warna yang dipengaruhi oleh pergantian musim ke musim loh. Mula-mula dari ijo ke kuning, lalu ke warna orange kemudian di musim gugur berubah warna menjadi merah menyala, dan akhirnya di musim dingin ato musim salju rontoklah semua daun-daun Pohon Maple.

Daun maple itu sangat cantik dan mendamaikan, apa lagi bila daunan yang rapuh itu luruh menutupi bumi, berselerakan dan bertaburan seolah melengkapkan lagi kanvas lukisan alam yang sedia sempurna indahnya. Suatu pemandangan alam yang sukar diluah dengan kata-kata, sayup mata memandang membawa  ingatan kepada Sang Penciptanya, Allah!

Bahkan di Jepang ada tradisi "Momojigari" yaitu tradisi untuk menyaksikan perubahan warna daun maple pas lagi musim gugur.


Daun maple memang sangat indah pas lagi musim gugur dengan warna-warninya, namun disamping itu ternyata pohon dan buahnya mengandung banyak manfaat. Kayu yang dihasilkan Pohon Maple memiliki bentuk lekuk yang khas, selain dijadikan bahan untuk membuat alat musik, juga dapat dijadikan meja, kursi dan perabot yang lainnya.
Buah Maple dapat di jadikan sirup yang selain rasanya yg segar (kata orang juga sih..hee) juga bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut suatu peneliti dari Universitas Rhode Island (URI), Amerika Serikat Sirup maple murni dari Kanada mengandung lebih dari 54 senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Selain itu, untuk pertama kali, 8 senyawa lain telah ditemukan di tanaman ini. (jadi pengen beli... sirupnya)


Daun maple juga digunakan sebagai lambang Bendera negara Kanada!.


Sudah liat kan gambar di atas? Gak kebayangkan betapa romantisnya jalan sama pasangan di antara taburan daun maple yg luruh. Apa lagi sambil bergandengan tangan...wuihh so sweet banget haha.... Indahhh banget yaa daun-daun dari Pohon Maple ini, duuhh jadi pengen cepetan ke negeri yang banyak ditumbuhi Pohon Maple ini.

0 komentar:

Posting Komentar